April 21, 2019

Tips Membuat Logo Sendiri Tanpa Memakai Jasa Desain Logo

jasa desain logo

Saat ini banyak sekali penyedia jasa desain logo yang tersebar di pasaran, mereka hadir memberikan pelayanan pembuatan logo dengan berbagai macam bentuk dan karakter. Dalam proses pembuatannya tidak diperlukan skill khusus, semua orang bisa mencoba membuatnya.

Pemikiran bahwa membuat sebuah logo adalah hak yang sulit merupakan faktor utama yang membuat orang beralih menggunakan jasa desain logo dari pada membuat sendiri, padahal harga yang harus dirogoh untuk sebuah desain logo tidak murah, hal ini tergantung dari kerumitan proses pembuatan serta penyedia jasa yang dipilih.

Saat ini ada banyak cara mudah untuk membuat desain logo menjadi menarik. Mau tahu carannya? Mari simak ulasan berikut ini.

Sebelum membuat logo ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  1. Pelajari dan pahami apa itu logo

Dalam sebuah logo menyimpan tujuan dari maksud yang hendak anda sampaikan. Sebuah logo bukan hanya berbentuk gambar dan tulisan namun juga sebagai refleksi sebuah bisnis.

Logo berfungsi untuk menarik minat sekaligus tanda pengenal terhadap khalayak umum mengenai suatu produk barang atau jasa dari suatu perusahaan dan instansi, dengan kata lain logo merupakan sarana untuk iklan dan jati diri.

  1. Pelajari dan pahami logo milik orang lain yang sukses

Hal ini penting karena dalam membuat logo terdapat aturan-aturan dasar yang perlu di pahami, oleh karena itu dengan mempelajari logo milik orang lain yang sukses kita bisa tahu sisi baik yang bisa ditiru dan sisi buruk yang harus ditinggalkan.

  1. Buat rancangan desain logo

Terdapat 5 tahap perancangan desain logo yaitu :

  1. Mencari inspirasi logo lebih mudah jika melihat contoh logo dari internet.
  2. Membuat sketsa.
  3. Membuat konsep logo.
  4. Cek kesesuaian konsep dengan tujuan yang dikehendaki.
  5. Buat logo menggunakan software. Bisa menggunakan Corel draw atau online.

Cara membuat logo menggunakan Corel Draw

  1. Buka aplikasi Corel draw anda di PC atau laptop, kemudian pilih New.
  2. Kemudian mulai buat gambar. Usahakan semua sisi gambar simetris.
  3. Sesuaikan gambar yang hendak dibuat dengan menggeser-geser mouse. Untuk membelokkan garis lurus bisa dengan cara format To Curve.
  4. Tambahkan tulisan yang dikehendaki. Atur posisinya. Kemudian beri warna. Selesai.

Cara membuat logo menggunakan aplikasi online

  1. Pilih aplikasi online yang dikehendaki.
  2. Masukkan identitas diri atau perusahaan dan jenis bisnis yang sedang anda jalankan.
  3. Setelah itu akan muncul banyak gambar logo yang bisa anda pilih. Jika kurang sesuai anda bisa mencari icon lain di kolom pencarian.
  4. Jika sudah menemukan logo yang sesuai dan anda ingin sedikit merubah desainnya tinggal pilih sunting desain/konsep logo. Biasanya pada aplikasi terdapat beberapa menu edit yang bisa anda gunakan.
  5. Saat menggunakan menu sunting yang bisa anda lakukan adalah mengubah teks, bentuk teks/font, warna, mengubah icon, shadow, slogan dan masih banyak lagi. Caranya cukup mudah hanya dengan klik “atur / edit elemen desain logo” pada menu sunting.
  6. Setelah itu klik next lalu simpan. Untuk mendapatkan logo yang telah anda buat anda bisa mengunduhnya. Jika menginginkan logo gratis disediakan logo berukuran kecil. Biasanya untuk logo besar akan dikenakan biaya.

Walaupun banyak yang beranggapan bahwa membuat logo sendiri itu rumit dan menyita waktu namun setelah membaca ulasan diatas bukankan membuat logo sendiri itu sangat mudah dilakukan dan yang terpenting adalah gratis. Kegiatan mendesain logo juga bermanfaat untuk merangsang otak menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Jangan ragu untuk memulai karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

shares