July 19, 2019

Tips Jitu Untuk Hasilkan Salad Buah Rumahan dengan Rasa Juara

Salad Buah Rumahan dengan Rasa Juara

Beberapa waktu belakangan, salad buah banyak diminati oleh masyarakat. Terlebih karena rasanya yang manis juga menyegarkan sangatlah cocok untuk dikonsumsi pada musim kemarau yang panas. Tidak heran jika Kita bisa dengan menemukan salad buah dimanapun. Bahkan beberapa diantaranya ada yang merangkap dengan jasa antar pesanan.

Tapi terkadang, daripada membelinya Kita akan lebih merasa nyaman juga aman ketika bisa membuatnya sendiri di rumah. Mengapa demikian? Karena bahan yang digunakan terjamin kesegarannya juga kehiginisannya.

Tips Membuat Salad Buah Ala Rumahan

Ternyata, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat salad buah ala rumahan sendiri, agar olahan salad tersebut lebih nikmat dan menarik. Tertarik untuk menguliknya lebih jauh? Simak triknya di bawah ini yuk!

  1. Pilih Buah dengan Tingkat Kematangan Sama

Rasa buah yang terlalu asam dan karakteristik buah yang berbeda, terlalu lembek ataupun keras, tentu menjadi hal yang patut diperhatikan.

Tentu Kamu tidak akan nyaman jika harus makan salad dengan kombinasi yang tidak pas. Bukan hanya tidak nyaman, tapi juga mengurangi rasa dan kenikmatan dari salad itu sendiri.

Lagipula jika menggunakan buah yang lembek malah akan membuat tampilannya menjadi tidak segar serta memiliki kesulitan untuk bertahan dalam waktu yang relatif lama.

Jika menggunakan buah yang keras tentu akan menyulitkan kita saat ingin menikmatinya.

Karenanya, pilihlah buah dengan karakteristik yang tepat dan seimbang antara satu buah dengan lainnya sehingga menghasilkan kombinasi dan rasa yang pas.

  1. Pilih Buah yang Memiliki Kontras Warna

Buah dengan warna mencolok seperti merah, oranye, atau ungu jika dicampur menjadi satu akan menampilkan kontras warna yang cantik.

Tidak hanya cantik, tapi juga bisa menggugah selera setiap orang yang melihatnya.

Untuk menambah sensasi menarik yang akan dirasakan, Kamu disarankan untuk menggunakan buah dengan beberapa jenis tekstur, bisa berserat, juicy, atau mungkin buah bertekstur renyah.

  1. Menggunakan Daun Mint Sebagai Garnish

Tentu Kamu sudah mengenal baik daun yang satu ini. Karena memang digunakan sebagai garnish di berbagai menu makanan, desert, bahkan juga di minuman.

Selain akan membuat tampilan salad menjadi cantik, daun mint dapat menambah rasa segar dari salad buah yang Kamu buat.

  1. Taburan Gula Pasir

Jika buah yang digunakan masih belum matang alias bertekstur keras, Kamu bisa menaburkan sedikit gula pasir untuk melunakkan tekstur dan memberi rasa manis pada buah tersebut.

Menilik kembali point 1, karakteristik tekstur dan rasa dari buah harus seimbang untuk menciptakan rasa yang pas.

  1. Memilih Buah Musiman

Menggunakan buah musiman merupakan pilihan bijak jika Kamu tidak ingin rasa salad yang dibuat hambar.

Buah rasanya hambar? Bagaimana bisa?

Hal tersebut banyak dipengaruhi oleh musim yang sedang terjadi. Rasa buah yang hambar bisa terjadi karena buah tersebut dipetik bukan saat musimnya.

Sebaliknya, buah yang dipetik tepat pada waktunya akan memiliki rasa yang lebih sempurna juga tekstur yang pas untuk digunakan sebagai bahan salad buah.

  1. Sajikan dengan Whipped Cream atau Yogurt

Dengan menyajikannya bersama whipped cream atau yogurt, Kamu akan mendapat sensasi yang kaya akan rasa saat memakan salad.

  1. Memotong Buah dengan Ukuran Seragam

Apapun buah yang hendak Kamu gunakan saat membuat salad, haruslah dipotong dengan ukuran seragam.

Alasannya adalah dengan ukuran yang sama, Kita akan lebih mudah untuk mengunyahnya. Selain itu juga menambah estetik dari tampilan salad ini nantinya.

Mudah bukan triknya? Sekarang Kamu bisa dengan mudah menyajikan salad buah untuk keluargamu. Tentu dengan rasa yang tidak kalah dengan yang beredar luas di pasaran.

Tapi ingat, buah-buah yang digunakan harus dicuci bersih sebelum digunakan. Kebersihan dan kehiginisan tentu menjadi faktor utama yang juga perlu untuk diperhatikan keberadaannya.

Penggunaan buah segar juga perlu dipertimbangkan. Trik di atas lebih banyak menyatakan cara membuat looks dari salad terlihat segar dan menarik. Tapi penggunaan buah yang segar tentu akan menjadi nilai plus.

Asumsi yang menyatakan bahwa buah segar ya asalnya dari luar negeri, alias impor. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Karena buah lokal malah akan lebih segar karena membutuhkan waktu distribusi ke konsumen yang lebih singkat. Juga rasanya lebih manis dan pekat mengingat Indonesia adalah salah satu negara tropis di dunia penghasil buah, sayur, dan rempah dengan rasa yang kaya.

shares