September 30, 2020

Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Anda tidak perlu khawatir jika menyadari bahwa bayi Anda mengalami cegukan karena cegukan bayi pada umumnya tidak berbahaya. Cegukan adalah kondisi yang sangat umum pada bayi. Faktanya, cegukan menjadi indikasi bayi Anda tumbuh dengan normal. Namun jika sudah sangat mengganggu, ada baiknya Anda mempelajari cara menghilangkan cegukan pada bayi.

1. Ganti Posisi Menyusui

Pada saat menyusu, udara juga masuk ke dalam mulut bayi sehingga menyebabkan cegukan. Salah satu cara untuk mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan mengubah posisi untuk menyusui. Setelah mengatur posisi menyusui,udara tidak akan masuk bersamaan dengan ASI saat menyusui. Jika cegukan masih berlanjut, hentikan proses menyusui untuk sementara agar bayi tidak tersedak.

2. Pastikan Posisi Menyusui Dengan Benar

Periksa juga posisi menyusui Anda. Apakah sudah benar atau belum? Posisi yang benar untuk menyusui adalah puting susu dan areola (kulit yang lebih gelap di sekitar puting payudara) juga masuk ke mulut si kecil, dan kemudian perut bayi menghadap ke perut Anda. Posisi ini dapat membantu bayi Anda menyusu dengan benar dari payudara dan membantu mencegah cegukan.

3. Menepuk Punggung Bayi

mengatasi cegukan pada bayi, Anda juga bisa melakukan cara ini dengan menepuk-nepuk punggung bayi. Gendong bayi Anda dalam posisi berdiri, letakkan kepala bayi Anda di atas bahu, lalu tepuk-tepuk pelan-pelan punggung bayi Anda dengan lembut sampai dia mulai bersendawa. Metode ini, jika sudah terbiasa, cukup efektif untuk menghentikan cegukan bayi dengan cepat.

4. Memeluk Bayi

Cara termudah untuk menghilangkan cegukan pada bayi adalah dengan memeluk anak Anda. Memeluk bayi bisa membuat bayi Anda lebih tenang, ketika tubuh mungilnya mengalami cegukan yang menjengkelkan. Biasanya, dalam beberapa menit, ketika bayi Anda sudah tenang, si kecil akan berhenti cegukan dan mulai kembali normal.

5. Beri Makan Bayi dengan Perlahan

Jika bayi Anda sudah mulai makan makanan pendamping ASI? Untuk menghindari cegukan, berikan dia makanan secara bertahap dan perlahan. Dengan begitu, si kecil mempunyai jeda waktu untuk menelan makanannya. Jika cegukan disertai dengan muntah, bawalah segera ke dokter karena biasanya ini berarti bayi Anda mengalami masalah pencernaan.

Terkadang cegukan dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Cegukan bisa disebabkan karena penyakit tertentu, kondisi lingkungan di mana bayi dibesarkan juga dapat menyebabkan cegukan. Misalnya, ketika bayi Anda mendengar suara keras, jeritan tiba-tiba dan suara mengganggu lainnya. Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya saat bayi tertidur.

Namun, untuk meminimalkan ketidaknyamanan akibat cegukan yang dialami bayi. Anda dapat mengikuti anjuran cara menghilangkan cegukan pada bayi, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Apabila cara diatas tidak bisa menghilangkan cegukan yang dialami oleh bayi Anda, ada baiknya segera periksakan ke dokter anak.

shares