September 28, 2020

Tak Sebatas Fisik, Inilah Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak Secara Psikologis

Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak Secara Psikologis

Semua orang pasti sudah mengetahui manfaat olahraga yang menyehatkan tubuh. Akan tetapi, tak hanya dari segi fisik. Manfaat olahraga juga dirasakan pada psikis seseorang. Hal tersebut juga berlaku pada anak-anak. Manfaat olahraga bagi anak-anak secara psikologis sangat banyak dan alangkah baiknya mengajaknya rutin berolahraga sejak dini. Inilah manfaat yang bisa diperoleh.

  1. Meningkatkan Mood

Good well-being atau rasa bahagia adalah hal pokok yang harus ada agar kondisi hati tetap baik dan tubuh menjadi sehat. Kebiasaan berolahraga akan membuat anak merasa lebih bahagia dibandingkan tidak sama sekali.

Berdasarkan penelitian, anak yang aktif berolahraga akan cenderung mempunyai stres emosional lebih ringan. Hal ini dikarenakan aksi selama berolahraga. Tubuh yang aktif bergerak akan memicu kebugaran tubuh yang diikuti oleh rasa bahagia. Dengan demikian, olahraga mampu meningkatkan mood anak.

  1. Mencegah Depresi

Selain mampu meningkatkan mood, anak yang sering berolahraga juga akan terhindar dari depresi. Mengapa? Menurut sebuah penelitian dari Williams et al, olahraga bisa menurunkan risiko anak mengalami depresi. Saat partisipasinya aktif dalam berolahraga, anak akan merasa puas atas pencapaiannya itu. Jadi, rasa puas ini mendorong kebahagiaan dan tidak memunculkan stres.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Olahraga juga sangat berguna untuk membangun rasa percaya diri. Anak yang sifatnya pemalu atau introvert, tentu bisa lebih tertantang saat melakukan olahraga. Jika dilakukan secara rutin, maka akan timbul kepercayaan dan kebanggaan pada dirinya untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga. Rasa bangga pada diri sendiri ini akan memicu timbulnya rasa percaya diri.

  1. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Olahraga juga sangat pas menjadi sarana sosialisasi. Mengajak anak berolahraga bersama keluarga atau teman-temannya merupakan hal yang positif. Mereka menjadi lebih terbiasa berolahraga bersama yang seru pastinya. Anak lebih mudah bergaul, tidak pemalu, dan termotivasi untuk selalu semangat melakukan setiap kegiatan olahraga. Olahraga bersama memang mengasyikkan.

  1. Membangun Sikap Sportif

Pertandingan kecil-kecilan juga bisa sesekali dilakukan. Anak akan belajar bekerja sama dengan tim dan menghargai satu sama lain. Dari permainan bersama dalam tim ini, si kecil akan berusaha menurunkan sifat egoisnya. Jadi, sikap sportif akan terbentuk seiring berjalannya waktu.

  1. Membentuk Mental Pantang Menyerah

Mental seorang anak akan terbentuk sesuai dengan pola pengasuhan yang diberikan orang tua. Sejak dini, mari ajaklah anak untuk mempunyai jiwa pantang menyerah yang sangat berguna untuk masa depannya.

Kegiatan olahraga yang rutin dilakukan akan membentuk si kecil menjadi selalu bersemangat dan ceria. Semua itu akan mendukung dirinya melakukan segala sesuatu. Anak juga termotivasi mengembangkan kemampuan fisiknya setiap hari agar semakin baik.

  1. Mengajarkan Konsistensi

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam melakukan sesuatu. Tanpa konsistensi, proses mencapai tujuan tidak akan berhasil. Saat terbiasa berolahraga, anak akan berusaha selalu melakukannya rutin. Saat melakukan pertandingan dengan teman pun, anak akan rutin berlatih.

Kebiasaan untuk rutin berolahraga sangat bagus diajarkan kepada si kecil sejak dini. Berbagai manfaat olahraga bagi anak-anak di atas adalah bukti nyata pentingnya berolahraga rutin sejak kecil. Selain menyehatkan tubuh, olahraga mampu membentuk rasa bahagia dan sikap mental yang baik.

shares