October 24, 2020

Nikmat dan Mudah Ditemukan! Ini 4 Makanan yang Menurunkan Kolesterol

Nikmat dan Mudah Ditemukan! Ini 4 Makanan yang Menurunkan Kolesterol

Pilihan makanan yang Anda konsumsi erat kaitannya terhadap berat badan. Perlu Anda ketahui, berat badan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Para ahli kesehatan telah menyarankan penderita kolesterol tinggi memilih makanan yang tinggi serat dan kandungan lemak nabati. Berikut 4 makanan yang menurunkan kolesterol.

  1. Ikan

Kaya akan kandungan minyak dan asam lemak Omega 3, menjadikan ikan sangat efektif dalam mengurangi kadar trigliserida, sekaligus mengurangi risiko tekanan darah dan penggumpalan darah. Sajikan ikan menggunakan metode panggang atau bakar supaya bisa mendapatkan manfaat terbaik sebagai makanan penurun kolesterol ini.
Jenis ikan yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol antara lain adalah ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon, dan ikan trout. Meski lemak Omega 3 dalam ikan tidak langsung berpengaruh pada kadar LDL, efeknya sangat baik bagi kesehatan jantung. Rekomendasi konsumsi ikan adalah dua porsi ikan setiap minggunya.

  1. Kacang-kacangan

Jenis makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah kacang-kacangan. Beberapa variasi kacang yang bisa dicoba dalam menu Anda sehari-hari, adalah lentil, almond, walnut, kacang merah, kacang hitam, dan kacang polong. Kacang merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang kaya serat larut dalam air.

Pada dasarnya kacang-kacangan sering jadi makanan penurun kolesterol sekaligus berat badan yang efektif. Hal tersebut dikarenakan kacang-kacangan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu, Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan ngemil.

  1. Biji Gandum dan Jali

Makanan penurun kolesterol yang mudah dan efektif selanjutnya adalah biji gandum. Semangkuk bubur gandum dapat dijadikan sebagai pengganti sarapan Anda para penderita kolesterol tinggi. Anda dapat menambahkan bubur gandum dengan buah-buahan seperti pisang atau buah beri untuk kandungan serat ekstra.

Perlu Anda ketahui sarapan seporsi bubur gandum mampu memberikan hingga 1-2 gram serat yang larut dalam air. Berbagai jenis makanan penurun kolesterol termasuk biji gandum dan jali yang kaya serat sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan fiber harian 20-35 gram per hari. Serat berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah.

  1. Tanaman Herba dan Bumbu Dapur

Pilihan makanan penurun kolesterol tidak perlu yang terasa hambar. Tanaman herba dan bumbu dapur seperti basil, cilantro, rosemary, jahe, bawang putih, lada, mint, dan daun oregano termasuk jenis makanan yang kaya antioksidan dan mampu membantu memperbaiki kadar kolesterol. Mengonsumsi berbagai perasa alami ini, sekaligus menjadikan diet semakin mudah dijalani sembari juga mengurangi perasa buatan yang tinggi kandungan lemak jenuh.

Nah, itulah 4 jenis makanan yang menurunkan kolesterol. Demi menjaga kadar kolesterol yang berimbang di dalam tubuh, selalu melakukan rutinitas pemeriksaan darah, minimal sekali dalam setahun adalah hal yang perlu dilakukan selain mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Perlu diingat mengonsumsi makanan penurun kolesterol akan semakin efektif hasilnya jika dipadukan dengan perubahan gaya hidup.

shares