October 24, 2020

Mitos Seputar Bayi yang Sebenarnya Salah

Mitos Seputar Bayi yang Sebenarnya Salah

Ibu yang baru saja melahirkan atau dalam persiapan menjelang masa kelahiran tentu pasti mencari informasi sebanyak-banyaknay tentang bagaimana cara merawat bayi yang benar. Apalagi saat ini banyak mitos seputar bayi yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Padahal, mitos tersebut belum terbukti kebenarannya yang dapat menyesatkan bahkan membahayakan bayi.

Mitos Tentang Bayi

Bagi orang tua baru, jangan sampai malah percaya dengan mitos tentang bayi baru lahir yang ada. Agar tidak salah, pahami beberapa mitos seputar bayi ini yang harus diluruskan.

  1. Bayi harus dibedong dengan ketat

Banyak yang mengatakan bahwa bayi baru lahir harus dibedong dengan ketat untuk menjaga agar kakinya lurus dan tidak bengkok. Padahal, wajar saja jika bayi baru lahir memiliki bentuk kaki yang terlihat bengkok karena seiring bertambahnya usia, kakinya akan lurus denagn sendirinya. Membedong bayi bertujuan agar bayi nyaman dan hangat. Membedong dengan ketat malah akan membuat bayi tidak nyaman bahkan membuatnya merasa sesak.

  1. Menempelkan koin pada pusar yang bodong

Pusar bayi akan terlihat menonjol sehingga menjadi bodong. Hal ini wajar apalagi ketika menangis yang menyebabkan otot dinding bayi yang masih lemah. Meletakkan koin malah akan membuat kulit bayi mengalami iritasi.

  1. Tidak boleh memotong kuku bayi hingga usianya 40 hari

Mitos seputar bayi ini dipercaya oleh masyarakat padahal kuku bayi yang terlalu panjang malah akan melukai kulitnya sendiri. Ibu bahkan sudah boleh memotong kuku bayi jika sudah panjang. Namun sebaiknya gunakan gunting kuku bayi agar tidak melukainya.

  1. Bayi lebih cepat besar apabila diberi pisang

Mitos ini juga sering dipercaya. Padahal, bayi baru lahir hanya membutuhkan ASI sebagai sumber makanan utamanya dan tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman lain hingga bayi berusia 6 bulan. Pemberian makanan atau minuman yang tidak dianjurkan oleh dokter malah akan membahayakan pencernaan bayi termasuk pemberian pisang.

  1. Bayi akan menjadi manja apabila sering digendong

Padahal, bayi yang sering digendong malah akan meningkatkan bonding atau hubungan antara ibu dan bayi sehingga lebih dekat. Kedekatan ibu dan bayi malah akan membantu proses tumbuh kembang si kecil.

  1. Hidung bayi akan lebih mancung jika ditarik

Nah, mitos terakhir yang apabila hidup bayi ditarik maka akan lebih mancung. Padahal, hidung mancung maupun pesek merupakan faktor genetik. Hidung bayi yang ditarik malah akan membuatnya merasakan sakit, bukan malah bertambah mancung.

Dibalik mitos seputar bayi yang beredar, salah satu hal penting yang harus diingat yaitu ibu tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil bukan hanya selama masa-masa kehamilan namun juga setelah kelahiran. Ibu bisa mengonsumsi susu Lactamil selama masa kehamilan untuk membantu tumbuh kembang janin serta meningkatkan kualitas ASI selama masa menyusui.

Deskripsi : mitos seputar bayi yang beredar tidak boleh langsung dipercaya dan dipraktekkan kepada bayi agar tidak berdampak buruk pada si kecil.

shares