November 22, 2019

Cara yang Benar ketika Memakai AC

Cara yang Benar ketika Memakai AC

Sebagai manusia yang hidup di daerah tropis, masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan adanya air conditioner atau AC. Alat ini memiliki fungsi untuk mendinginkan ruangan. Mulai dari gedung perkantoran, gedung sekolah, hingga ke rumah pribadi sudah banyak memakai AC. Namun, meski sudah sering digunakan, masih banyak orang yang lalai dalam penggunaan AC secara benar. Kesalahan dalam menggunakan AC menjadi pemicu seringnya AC menjadi rusak. Hal yang langsung dilakukan adalah memanggil jasa service AC Tangerang dan jas servis di daerah yang lain. Bila hal itu terus dilakukan, tentu saja akan menimbulkan biaya pengeluaran yang berlebihan. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memakai AC yang benar agar AC tidak sering mengalami kerusakan.

Kapasitas AC

Beberapa orang sangat sering mengira bahwa AC sedang mengalami kerusakan karena tidak bisa memberikan rasa sejuk di dalam ruangan. Pada kenyataannya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Seringkali kesalahan justru terjadi pada orang yang memasang AC karena tidak mengetahui berapa kapasitas AC tersebut. Kapasitas AC yang terlalu kecil tentu saja tidak bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan yang terlalu besar. Penting bagi Anda untuk menggunakan AC dengan kapasitas yang tepat untuk ruangan Anda. Jangan sampai AC yang Anda gunakan justru terlalu kecil sehingga ruangan tidak menjadi sejuk. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada distributor AC agar Anda menjadi tidak salah beli.

Jeda 1 menit

Jeda satu menit berlaku bagi AC yang tiba-tiba mati. Kondisi tersebut bisa dikarenakan oleh berbagai macam hal, mulai dari meteran yang tiba-tiba turun atau kesalahan lain yang dilakukan oleh manusia. bila AC yang hidup kemudian tiba-tiba mati, Anda harus memberi jeda selama kurang lebih satu menit sebelum akhirnya Anda menghidupkannya lagi. Hal ini dilakukan untuk memberi waktu pada komponen yang ada di dalam AC agar menyesuaikan dengan kondisi terlebih dahulu. Bila Anda langsung menghidupkan kembali AC yang tiba-tiba mati, dikhawatirkan komponen dalam AC tidak bertahan lama atau bisa dikatakan cepat rusak.

Dirawat dengan cara yang benar

Selain dua poin yang telah disebutkan, Anda juga perlu merawat AC dengan rajin membersihkannya. Debu yang menempel akan membuat AC dan komponennya menjadi terganggu ketika bekerja. Selain itu, lakukan cek terhadap kondisi freon sebanyak 3 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar AC tidak berada dalam kondisi kehabisan freon ketika digunakan.

Itulah beberapa cara yang benar untuk dilakukan ketika memakai AC. Jangan sampai kesalahan tersebut terulang kembali sehingga menyebabkan AC mengalami kerusakan dan Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. Jika dirawat dengan cara yang benar, AC dijamin akan tahan dalam jangka waktu yang lama.

shares