December 8, 2019

Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi yang Bisa Dipraktekkan di Rumah

Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat merupakan penyakit kulit ringan yang sering menyerang bayi dan anak-anak. Bagian tubuh yang rentan terkena biang keringat adalah leher, dahi, dada, selangkangan, ketiak dan lipatan tubuh lainnya. Penyebabnya karena cuaca panas dan lembab, atau saat bayi mengalami demam dan berkeringat banyak. Sebenarnya ada berbagai cara mengobati biang keringat pada bayi ini, salah satunya adalah dengan memperhatikan setiap aktiftas harian pada bayi.

Pori-pori kulit bayi lebih kecil dibanding orang dewasa dan belum berkembang sempurna, hal inilah yang menjadi faktor utama mengapa bayi lebih rentan terserang biang keringat, biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun rasa gatal dan panas yang muncul dapat mengganggu kenyamanan.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengobati biang keringat :

Hindari aktivitas di luar saat siang hari

Cuaca panas siang hari membuat bayi rawan berkeringat, sebaiknya saat siang hari letakkan bayi di dalam ruangan yang sejuk, jika memungkinkan gunakan pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin, namun jangan meletakkan bayi di lantai tanpa alas yang tebal karena tidak baik untuk jantungnya.

Perhatikan pakainya

Saat cuaca panas atau saat bayi sedang demam pakaikanlah baju yang dapat menyerap keringat dengan baik, agar kulitnya tetap kering. Kulit lembab merupakan penyebab utama biang keringat.

Pakaikan masker timun

Timun memiliki sifat mendinginkan kulit, jika mengoleskan masker timun pada permukaan kulit yang terserang biang keringat dapat mengurangi rasa gatal dan ruamnya.

Jangan terlalu sering menggendong bayi

Terlalu sering menggendong bayi bahkan saat bayi tidak menangis selain tidak baik untuk perkembangan motoriknya juga dapat memperparah biang keringat, karena kontak fisik yang terjadi dapat meningkatkan suhu di sekitar tubuh bayi.

Akibatnya kulit bayi menjadi lembab karena keringat ditambah sirkulasi udara yang tidak lancar, untuk itu lebih baik baringkan bayi diatas tempat tidur atau tempat yang datar, biarkan bayi bergerak sendiri dengan bebas.

Pakai bedak

Pakaikan bedak anti gatal pada bagian lipatan tubuh bayi setelah mandi, atau pada bagian yang terkena biang keringat. Saat malam hari taburi bedak pada area selangkangan. Hal ini untuk menghindari biang keringat dan iritasi akibat memakai popok.

Memakai minyak telon

Minyak telon selain bermanfaat untuk menghangatkan kulit bayi juga bermanfaat untuk mengobati ruam bayi. Namun gunakan minyak telon hanya pada bagian tubuh yang terbuka seperti dahi, leher, tengkuk, dan dada. Jangan gunakan minyak telon di area sensitif seperti ketiak dan selangkangan karena dapat menyakiti bayi.

Kompres es batu

Jika biang keringat yang menyerang sampai muncul bintik-bintik merah kompres permukaan kulit menggunakan es batu yang dibungkus kain bersih. Hal ini dapat mengurangi rasa gatal dan panas.

Mandi air secang

Secang dipercaya masyarakat sejak zaman dulu sebagai obat tradisional yang dapat mengatasi berbagai penyakit kulit ringan hingga sedang.

Secang dapat digunakan untuk mengobati biang keringat bayi, caranya rebus satu bungkus kayu secang dengan 1 liter air, rebus sampai airnya susut setengah. Gunakan air rebusan secang untuk memandikan bayi 2 kali sehari.

Gunakan lotion

Jika biang keringat yang dialami bayi sangat parah anda bisa mengoleskan lotion hidrokortison sesuai petunjuk dokter, atau gunakan lotion yang mengandung calamin.

Dengan metode pengobatan diatas biasanya biang keringat akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun jika biang keringat tidak hilang setelah 4 hari dan menjadi semakin parah yang disertai dengan demam diatas 37 derajat Celsius segeralah pergi ke Rumah Sakit atau dokter anak terdekat, bisa jadi bayi anda terserang infeksi.

Itulah tadi sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih

shares