October 23, 2019

Berbagai Khasiat Bawang Putih bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Khasiat Bawang Putih bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih merupakan salah satu bahan masakan yang tak bisa lepas dari kuliner indonesia. Setiap rumah pasti selalu memiliki bahan masakan satu ini. Namun tahukah Anda bahwa, di balik aromanya yang menyengat, ternyata bawang putih memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh?. Lebih Jelasnya, berikut beberapa khasiat bawang putih bagi kesehatan.

Sebagai Bahan Dasar Obat

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa bawang putih bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat. Kandungan dari bawang putih yang sering dimanfaatkan adalah allicin. Senyawa ini merupakan salah satu komponen biologis aktif paling besar dan paling esensial dalam bawang putih.

Allicin memiliki sifat anti-bakteri yang terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan berat badan, menjaga tekanan darah, mengencerkan darah, menurunkan resiko kanker dan mengatasi masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Menurunkan Kolesterol

Khasiat bawang putih lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau yang dikenal juga dengan kolesterol jahat. Hal ini didasarkan pada beberapa riset yang menyatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh sebanyak 5—10 persen. Kadar LDL yang rendah dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat lain dari bawang putih adalah mengatasi penyakit kulit. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi iritasi kulit. Selain itu, kandungan antibakteri pada bawang putih juga dapat menghilangkan jerawat. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bagian kulit yang bermasalah.

Membantu Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Zat besi merupakan mineral penting dalam tubuh, terutama bagi tumbuh kembang anak dan janin. Penelitian terbaru menyatakan bahwa bawang putih dapat meningkatkan metabolisme zat besi. Hal ini disebabkan karena bawang putih dapat meningkatkan produksi ferro protein, yaitu protein yang  bersirkulasi melalui membran sel dan memberi akses keluar masuk bagi zat besi.

Zat besi tersimpan di dalam sel, untuk bisa dimetabolisme zat besi harus keluar dari sel dan masuk ke dalam sirkulasi tubuh, yang mana proses tersebut membutuhkan peran ferroprotein. Tanpa adanya ferroprotein yang cukup, zat besi akan tetap tersimpan didalam sel dan tidak bisa digunakan oleh tubuh.

Mencegah Alzheimer dan Demensia

Proses penuaan dapat dipengaruhi oleh kerusakan oksidatif dan radikal bebas. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Kemampuan bawang putih dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta kandungan antioksidan, mampu menurunkan resiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Itulah  beberapa khasiat bawang putih bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi secara rutin 1—4 siung bawang putih mentah setiap hari. Informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, parenting, ibu dan anak bisa Anda lihat di laman parenting.orami.co.id.

shares