September 30, 2020

5 Tips Cerdas Pilih Mainan Edukasi untuk Anak Perempuan

5 Tips Cerdas Pilih Mainan Edukasi untuk Anak Perempuan

Memilih mainan anak memang harus memperhatikan kualitas dan kebermanfaatannya. Semua ini penting karena mainan berperan penting dalam mengembangkan otak anak. Memilih mainan edukasi adalah jalan keluarnya. Anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk beli mainan anak perempuan yang edukatif.

1. Mengetahui Beragam Jenis Mainan Edukasi

Pengetahuan orang tua tentang beragam jenis mainan anak sangat penting. Dengan mengetahui mainan anak yang kekinian, Anda bisa memberikan mainan terbaik untuk si kecil, termasuk mainan edukatif yang menarik.

Beberapa kategori mainan edukatif anak meliputi mainan untuk mengembangkan sensorik, melatih kecerdasan, mengembangkan aktivitas fisik, dan mainan untuk mengembangkan interaksi sosial. Setiap kategori ini mempunyai banyak jenis mainan yang bisa dibeli untuk mencerdaskan anak.

2. Mampu Menyesuaikan Mainan dengan Usia Anak

Tidak cukup hanya melihat kategori mainan, Anda perlu menyesuaikan jenis mainan dengan usia anak. berikanlah mainan yang sesuai usianya agar mampu mengembangkan kemampuan otak dan motorik sesuai tahapan.

Tahapan pertama adalah usia 0-3 bulan yang cocok diberikan mainan MP3 player atau kotak musik atau mainan gantung yang merangsang sensoriknya. Tahap kedua adalah usia 3-6 bulan yang cocok diberikan boneka lembut dan mainan anak dari karet yang bisa merangsang motoriknya. Tahap ketiganya usia 6-9 bulan yang bisa diberikan buku, bola, dan balok mainan.

Tahap keempatnya adalah usia 9-12 bulan yang sudah dapat diberikan mainan bergerak, misalnya kereta dorong dan truk mainan. Mainan sortir bentuk dan warna juga bisa diberikan. Tahap kelima adalah usia 12-18 bulan yang sudah bisa diajarkan membaca dan menulis dengan memberinya buku, alat tulis, dan alat warna.

3. Memastikan Mainan Aman Dimainkan

Keamanan dan kenyamanan si kecil saat bermain harus benar-benar dipastikan. Anda harus memilih mainan anak yang aman dimainkan. Untuk anak perempuan, pilihlah mainan yang sesuai warna favoritnya dan mempunyai komponen yang aman. Untuk mainan bergerak, seperti kereta dorong, usahakan memberi produk yang berkualitas agar kokoh dan tidak mudah rusak.

4. Memilih Mainan yang Mendukung Eksplorasi

Kemampuan anak untuk bereksplorasi harus dikembangkan sejak dini. Untuk anak perempuan, Anda bisa memberikan mainan sesuai usianya dan bernilai edukatif. Mainan anak perempuan yang bisa mendukung kemampuannya bereksplorasi adalah sortir bentuk dan warna, permainan bongkar pasang, permainan masak-masakan, dan mainan yang memicu kreativitas lainnya.

5. Melengkapi Jenis Mainan yang Dimiliki

Kelengkapan jenis mainan anak harus terjamin demi mengatasi rasa bosan si kecil. Kemampuan otak dan motoriknya juga akan semakin berkembang optimal jika memainkan berbagai macam mainan. Anda bisa memberikannya aneka jenis mainan sesuai usianya. Pilihlah warna mainan sesuai warna favorit perempuan, misalnya merah, merah jambu, oranye, kuning, atau ungu.

Semua tips di atas dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan bermain anak. Anda bisa mendapatkan aneka varian mainan anak perempuan yang sesuai usianya di toko perlengkapan bayi terlengkap. Di sana, tersedia mainan sesuai tahapan 1-5 sesuai yang dijelaskan di atas. Jangan lupa, pilihlah toko yang terpercaya agar menjamin kualitas produk dan layanan.

shares