August 19, 2018

5 Tips Sukses Memasarkan Hewan Kurban Secara Online

5 Tips Sukses Memasarkan Hewan Kurban Secara Online

Perkembangan dunia digital memang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Bahkan peternak pun kini bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan hewan kurban sendiri secara online. Permintaan hewan kurban biasanya melonjak satu minggu sebelum Lebaran Kurban atau pada saat perayaan Idul Adha.

Untuk bisa memasarkan hewan kurban secara online sebetulnya sangat sederhana sekali. Bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti Instagram. Yang jelas, ternak yang dijual terlihat sehat dan gemuk.

Nah, ada beberapa tips sukses memasarkan hewan kurban secara online. Meskipun saat ini sudah banyak peternak yang melek internet dengan memasarkan hewan kurban, namun ada beberapa hal yang bisa jadi value lebih dengan beberapa cara yang akan kita bahas berikut ini.

Foto hewan kurban

Salah satu cara untuk menjajakan hewan kurban secara online kepada para pelanggan adalah dengan memberikan foto-foto hewan kurban yang akan dijual. Hewan kurban yang dijual sudah harus memenuhi syarat. Misalnya seperti umur kambing atau domba sudah mencapai usia 1 tahun dan untuk sapi sudah mencapai usia 2 tahun atau lebih, tidak cacat dan berbadan sehat.

Biasanya konsumen akan tertarik dari foto. Maka, agar menarik minat gunakan kamera foto yang mumpuni misalnya dengan menggunakan smartphone yang sudah menggunakan dual kamera sehingga kualitas fotonya jauh lebih baik. Atau bisa juga menggunakan kamera mirrorless dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Pada umumnya konsumen akan mulai tertarik untuk melihat langsung melalui tampilan foto. Usahakan untuk memposting foto tanpa editing maupun retouching agar sesuai dengan aslinya. Setelah tertarik melalui foto, biasanya konsumen akan langsung mendatangi lokasi peternakan untuk memastikan kondisi hewan kurban yang akan dibeli secara langsung.

Nah, jika belum memiliki smartphone dengan kamera terbaik, kamu bisa memanfaatkan solusi kredit hp tanpa dp secara online melalui Kredivo dengan memilih salah satu dari dua metode pembayaran yang ditawarkan Kredivo: Bayar dalam 30 Hari, dan Cicilan. Jika kamu memilih Bayar dalam 30 Hari, kamu tidak akan dikenakan bunga sama sekali. Tapi sebelum mengajukannya, pastikan bahwa smartphone yang diincar memiliki harga tidak lebih dari Rp 3 juta.  Sedangkan untuk bisa menikmati Cicilan, pastikan smartphone yang dipilih punya harga lebih dari Rp 1,5 juta. Bunga yang dikenakan untuk metode Cicilan hanya 2,95% per bulan. Jika dibandingkan dengan perusahaan multifinansial lainnya, bunga Kredivo lebih rendah hingga 50%. Pilihan tenor untuk fasilitas Cicilan dimulai dari  3, 6, hingga 12 bulan. Cukup variatif kan? Sebelum kredit hp tanpa dp, kamu bisa menyesuaikan masa cicilan dengan kondisi keuanganmu terlebih dahulu.

5 Persyaratan Administratif Memiliki Tabungan Qurban Perorangan

Selain kredit hp tanpa dp, kamu juga bisa sekaligus kredit barang lainnya, misalnya seperti peralatan elektronik, suplemen untuk hewan ternak, atau barang lainnya yang bisa menunjang bisnis kurbanmu. Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 200 merchant di Indonesia, sehingga kamu bisa dengan mudah kredit hp tanpa dp, atau kredit barang lain yang kamu butuhkan dengan Kredivo.

Rekam keunggulan membeli hewan kurban

Jika foto masih kurang menarik sebagian orang, jangan putus asa. Gunakan rekaman video. Ambil beberapa angle terbaik mulai dari samping, bagian atas hingga bagian-bagian yang menunjukkan bahwa hewan kurban sehat dan tidak memiliki cacat tubuh. Dengan begitu tidak ada lagi yang disembunyikan.

Dengan cara merekam video hewan kurban yang dijual akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kondisi fisik hewan kurban. Poin inilah yang menjadi salah satu keunggulan dalam menjual hewan kurban secara online. Berikan caption atau informasi menarik tentang hewan kurban yang dijual. Misalnya soal pakan, cara merawat dan keunggulan-keunggulan lain yang akan semakin menarik minat konsumen.

Gunakan sosial media

Setelah memiliki foto maupun videonya gunakan kekuatan media sosial seperti Instagram dan YouTube. Dua media sosial ini dianggap sangat efektif dalam penjualan hewan kurban secara online. Namun, jika ingin fokus pada salah satu platform saja pun tidak jadi masalah. Misalnya hanya menggunakan Instagram. Instagram pun sudah bisa menampilkan video pendek selama 1 menit.

Jangan lupa untuk menggunakan platform lain seperti Facebook. Karena pada umumnya audience Instagram dan audience Facebook sangat berbeda. Audience Instagram lebih didominasi oleh generasi milenial, sementara audience Facebook didominasi oleh generasi di atasnya yang memiliki daya beli lebih tinggi.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon dan lokasi peternakan hewan kurban agar lebih mudah bagi konsumen yang tertarik untuk membeli untuk menghubungi peternak maupun mendatangi lokasi peternakan secara langsung.

Sebarkan promo lewat percakapan online

Strategi menjual hewan kurban juga bisa menggunakan sistem komisi bagi orang lain yang bisa mendapatkan konsumen. Selain itu juga bisa menarik perhatian konsumen dengan memberikan promo atau diskon tertentu. Bisa juga dengan memberikan hadiah atau souvenir seperti payung atau barang-barang sederhana lainnya untuk menarik menarik minat pembeli.

Bisa juga dengan memberikan jaminan mengantar hewan qurban sampai dengan lokasi dengan radius tertentu atau promo harga yang ditawarkan sudah termasuk biaya pengurusan sampai dengan hewan kurban disembelih pada hari yang sudah disepakati selama Lebaran kurban. Lebaran kurban berlangsung cukup lama dari tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan 3 hari tasyrik pada tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah.

Manfaatkan cerita kepuasan pelanggan lama sebagai promosi

Selain menggunakan media seperti foto maupun video kamu juga bisa menggunakan cerita kepuasan pelanggan sebagai salah satu promosi. Cerita maupun testimoni dari pelanggan lama akan menumbuhkan rasa percaya konsumen kepada peternak dan hewan kurban yang dijual.

shares