October 16, 2018

5 Persyaratan Administratif Memiliki Tabungan Qurban Perorangan

Tabungan qurban adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin bisa mewujudkan impian berqurban. Soalnya selama ini biaya adalah halangan utama banyak orang dalam mewujudkannya. Namun tentunya sebelum bisa memiliki tabungan ini maka Anda harus mendaftar dulu. Bagi Anda yang perorangan maka ada 5 persyaratan administratif yang diikuti.

  1. Mengisi Formulir Aplikasi

Persyaratan pertama yang mesti wajib dilakukan adalah dengan mengisi formulir aplikasi pemnbukaan rekening. Hal sangat penting untuk memberi tahu pihak bank bahwa Anda memang berniat untuk memiliki tabungan yang satu ini. Biasanya formulir aplikasi tersebut harus diisi dengan biodata dan juga perjanjian antara pihak bank dengan nasabahnya.

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk membaca formulir aplikasi tersebut secara benar dan baik-baik. Perhatikan peraturan dan tata syarat yang tertempel pada formulir tersebut. Jangan sampai karena Anda kurang teliti berbagai peraturan dan tata syarat di sana malah menyusahkan Anda. Jadi penting sekali untuk mengetahui setiap detail dari formulir tersebut.

  1. Mengisi Pendaftaran Peserta Tabungan

Hal berikutnya yang mesti dilakukan adalah mengisi pendaftaran peserta tabungan khusus ini. Soalnya mereka yang memilih memiliki tabungan ini maka memiliki slot khusus pada bank. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengisi pendaftaran peserta tabungan ini. Biasanya pendaftaran ini bisa dilakukan dengan cara konvensional maupun dilakukan dengan cara online.

Semua hal tersebut tentunya dilakukan demi memperjuangkan kemudahan bagi setiap pelanggannya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki tabungan ini karena dianggap proses pembuatannya yang merumitkan dan juga membutuhkan banyak waktu. Dengan kemajuan teknologi maka segala kemudahan tersebut bisa langsung Anda dapatkan.

5 Persyaratan Administratif Memiliki Tabungan Qurban Perorangan

  1. Menandatangani Surat Kuasa

Prosedur lainnya yang juga mesti dilakukan adalah Anda diwajibkan menandatangani surat kuasa peminda bukuan dana tabungan. Biasanya hal ini dilakukan seminggu atau enam hari sebelum momen Idul Adha tiba. Hal ini dilakukan demi mempermudahnya Anda dalam melakukan pembelian hewan qurban tanpa perlu banyak kerepotan lainnya.

Soalnya bank belum bisa memiliki kekuasaan maupun keleluasaan sebelum surat kuasa tersebut ditandatangani oleh nasabahnya. Jadi pastikan enam hari atau satu minggu sebelum momen Idul Adha ini, Anda sudah melakukan proses penandatanganan ini terlebih dulu.

  1. Melakukan Setoran Awal

Setoran awal juga adalah hal penting supaya tabungan khusus ini kemudian Anda bisa miliki. Biasanya setiap bank memiliki kewajiban dan kebijakannya masing masing mengenai jumlah setoran awal. Dalam arti kata lain, jumlah setoran awal pada tiap bank akan memiliki nominal yang berbeda-beda. Untuk itulah pentingnya dalam mencari informasi terlebih dulu.

Namun yang paling normal biasanya jumlah setoran awal tersebut berada di angka seratus ribu rupiah. Jadi persiapkan dulu dana kira-kira seratus ribu rupiah untuk melakukan setoran awal. Hal ini dilakukan supaya Anda memiliki tabungan khusus ini.

  1. Melakukan Setoran Langsung

Terakhir ada juga bank yang memilik kebijakan pada para nasabahnya untuk melakukan setoran langsung. Biasanya disesuaikan dengan jumlah hewan qurban yang diinginkan. Nantinya Anda diperintahkan untuk mentransfer sejumlah dana sesuai dengan nominal hewan qurban tersebut pada rekening yang diberi.

Jadi tidak sulit untuk memiliki tabungan qurban bukan? Anda hanya perlu mengikuti persyaratan yang sudah dijelaskan di atas barusan. Apalagi Anda yang tergolong perorangan maka akan lebih mudah untuk bisa memilikinya. Hanya saja tetap memperhatikan berbagai persyaratan dan juga peraturan adalah hal mutlak yang tidak boleh Anda lewatkan.

shares